Laporan Kegiatan Belajar – Mengajar
di SDN 04 Pagi Kebon Jeruk, Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building
Bersama Teach For Indonesia ( TFI )

PERTEMUAN KE - 2 (
MINGGU KEDUA )
Nama
Dosen
: Jamson Siallagan, S.
Th., MA.,M. Th.
Kode
Dosen
: D5050
Kelas
: LB-62
Tanggal
: Kamis, 24 Maret 2016
Waktu
Mengajar : 11:00 - 12:15
Tempat : SDN KEBON JERUK 04 PAGI,
JL. Salman, RT. 003/03, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11530
Tim
Yang Hadir :
- Mahesha Dennis - 1901483950
- Nur Iman Aprianto Nugroho - 1901495881
- Amir Sholihin - 1901484442
- Aesha Marsha Nisha Zulfia - 1901493434
- Dina Juwono – 1901500282
- Fajar Nurachman - 1901503422
Tim
Yang Tidak Hadir :
- Tidak ada
Foto Team Yang Hadir:
Laporan:
Di Pertemuan kedua ini,
Kamis, tanggal, 24 Maret 2016, kelompok kami mengajar di sutau lembaga pendidikan,
yaitu sebuah Sekolah Dasar Negri, SDN KEBON JERUK 04 PAGI. Yang terletak di
Jalan Salman Kebon Jeruk. Lokasi Sekolah Dasar tersebut terbilang dekat dengan
lokasi kampus BINUS. Di pertemuan kedua ini, kami melakukan pengajaran dengan
cara memberi murid-murid soal baha inggris yang telah kami siapkan sebelumnya.
Kami mulai masuk ke
kelas pukul 11:00 sampai pukul 12:15. Saat kami memasuki ke lingkungan sekolah
beberapa anak murid ada yang menyapa kami dan memberi salam kepada kami. Di dalam
kelas, anak murid mulai berteriak, menyapa kami, memberikan salam kepada kami,
dan sangat antusias. Setelah itu, kami mulai masuk ke kelas dan memulai kegiatan berlajar dengan berdoa
terlebih dahulu. Setelah itu kami mengabsen nama anak-anak murid untuk
mengetahuin jumlah siswa yang hadir dan jumlah siswa yang tidak hadir. Selain
itu juga untuk lebh mengenal satu sama lain. Lalu kami mulai kegiatan
belajar-mengajar dengan membagikan soal dan menjelaskan soal yang akan kami
berikan kepada anak-anak murid.
Setelah kami menjelaskan
soal yang akan diberikan, lalu kami membagikan soal-soal tersebut kepada anak
murid. Setelah itu kami mempersilahkan anak murid untuk mengerjakan soal
tersebut selama 30 menit. Pada saat mereka mengerjakan soal, beberapa dari
mereka ada yang bertanya kepada anggota tim untuk menanyakan beberapa soal.
Kami pun mendatangi murid tersebut untuk menjelaskan hal apa saja yang mereka
tanyakan kepada kami. Materi yang kami sampaikan pada pertemuan ini adalah
mengartikan kosakata bahasa Indonesia ke dalam bahasa inggris. Setelah selesai
mengerjakan soal tersebut, kami meminta anak murid untuk mengartikan pilihan
jawaban pada soal pilihan ganda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana
kosakata yang terlah mereka kuasai selama belajar bahasa inggris di sekolah.
Setelah semua soal selesai
di kerjakan, kami meminta anak murid untuk mengumpulkan soal yang sudah mereka
kerjakan selama pembelajaran. Setelah itu kami menilai hasil kerja yang sudah
dilerjakan tadi, setelah kami member nilai pada kertas soal, kami mengembalikan
soal tersebut kepada anak murid agar mereka bisa mengulang dan bisa lebih
mempelajari lagi dengan materi yang sudah diberikan di sekolah. Waktu
menunjukan pukul 12:00, dan kami memutukan untuk meakhiri kgiatan belajar –
mengajar, setelah itu kami meminta untuk semua anak merapihkan alat tulis, dan
memeriksa kolong mejanya dan mengambil sampah yang ada. Setelah itu kami
meminta ketua kelas untuk menyiapkan salam penutup, dan berdoa, setelah itu
kami memberikan sedikit pesan-pesan moral kepada anak murid. Lalu kami mempersilahkan
anak-anak untuk meninggalkan kelas dan pulang. Kami juga mencoba untuk membantu
mengerjakan piket kelas, bersama anak – anak yang kedapatan jadwal untuk piket
hari itu.
Nilai
Character Building yang di terapkan dalam kegiatan belajar – mengajar di SDN
KEBON JERUK 04 PAGI, adalah:
Penerapan
Nilai Pancasila, dan Norma – Norma
Nilai
Pancasila:
Sila
ke-1: kegiatan selalu dimulai, dan di akhiri dengan berdoa
Sila
ke-3: kekompakan, dan kerjasama anak – anak dalam memecahkan soal teka – teki
silang bersama
Sila
ke-5: kami memperlakukan semua anak – anak murid dengan adil, dan memberi
mereka nilai dengan adil.
Norma
– Norma:
Menggunakan
kalimat yang sopan kepada yang lebih tua
Mememberi
salam
Merapihkan
seragam mereka, bila ada yang kurang rapih
Metode
pengajar yang kelompok kami gunakan adalah metode : Classroom
Kelompok
kami menjelaskan di depan kelas dengan menggunakan komunikasi secara lisan, dan
menggunakan papan tulis, dan spidol
Kelebihan
: Semua anak dengan mudah bisa melihat ke depan kelas, dan dapat mendengarkan
perintah dengan baik.
Kekurangan
: Anak – anak murid yang duduk di bagian belakang kelas,masih tetap bercanda,
dan perlu di tegaskan.
Evaluasi Eksternal:
Evaluasi
Internal:
Narasumber: Dina Juwono -
1901500282
Survey internal (untuk
keseluruhan angota kelompok):
Disiplin Waktu :
Seperti biasa, kami
berkumpul di depan Indomaret Point ( dekat kampus BINUS anggrek) jam 10.30
pagi. Kali ini kamu berkumpul lebih lama karena kami sudah mengetahui lokasi
dimana kami mengajar. Pada minggu kedua kami mengajar, seluruh anggota kelompok
hadir di tempak kami mengajar, namun salah satu anggota kami ada yang datang
terlambat, yaitu Amir Sholihin. Kami sangat berharap, untuk pertemuan di minggu
selanjutnya, tidak akan ada lagi anggota tim yang terlambat.
Ide - ide yang
disampaikan:
Menyampaikan materi
bahasa inggris mengenai vocabulary, anak
– anak diminta untuk melengkapi suatu kata dalam bahasa inggris dan meminta
untuk menuliskan arti dari suatu kata, sesuai dengan gambar yang tertera pada
soal.
Penerapan Di lapangan :
Murid - murid di SDN
KEBON JERUK 04 PAGI, dapat menerima metode pembelajaran yang diberika dengan
lancar, dan mereka sangat antusias untuk mau maju kedepan, murid murid juga
sangat senang bertanya, dan berinteraksi dengan anggota tim, dan jika murid -
murid mengalami kesulitan, anggota yang lain akan menghampiri mereka dan
membantu pekerjaan mereka. Sebagian besar anak murid sudah sangat memahami materi yang kami berikan, namun
sebagian dari anak murid juga masih ada yang kurang paham dengan materi
tersebut.
Inisiatif :
Di pertemuan kedua ini,
kami ingin menguji sebesar apa kemampuan anak murid dalam belajar bahasa
inggris. Dengan memberika metode baru, yaiutu dengan memberikan soal yang telah
kami buat. Metode ini kami lakukan bertujuan untuk belajar-mengajar yang kami lakukan, kami
berharap anak murid bisa lebih memahami dan mudah mengerti dengan materi yang
sudah kami sampaikan.
Sikap :
Pada hari kedua kami
mengajar, kami menggunakan pakaian formal yang rapih, dan juga mengunakan jas
almamater BINUS uiversity, kami selalu memberi salam, dan bersalaman kepada
wali kelas, dan meminta izin apabila kami ingin menyampaikan sesuatu materi,
dan juga kami pun bertanya kepada wali kelas, tentang materi apasaja yang telah
di ajarkan di kelas, dan juga kami menggunakan bahasa yang sopan dan lemah
lembut terhadap anak - anak murid.
Hasil
Kegiatan:
anak - anak murid kelas
"4C" telah mendapatkan vocabulary baru dan memahami maksud dari vocabulary
itu sendiri dalam bahasa inggris maupun
dalam bahasa Indonesia. Anak-anak murid mulai mengerti dan memahami dengan
materi yang kami berikan kepada mereka. Mulai mengartikan arti kata dari sebuah
kalimat maupun mengartikan kosa kata baru. Contohnya seperti kami meminta untuk
anak murid mengartikan benda-benda yang ada di sekitar mereka ke dalam bahasa
inggris. Seperti bahasa inggris dari kursi, guru, buku, dan lain
sebagainya.
Kesimpulan
:
Memberikan pengajaran kepada anak-anak murid tidaklah
gampang. Membutuhkan kerja yang ekstra agar para murid dapat mengerti dan
memahami dengan materi yang telah kami berikan. Dengan metode mengajar yang
kami lakukan pada pertemuan kali ini, para murid dapat menerima dan memahami
maksud dan tujuan dalam kegiatan belajar.
Next
to do :
Kami akan lebih bersikap
sedikit lebih tegas, jika ada anak murid yang tidak memperhatikan, dan bercanda
dalam kegiatan belajar, dan selanjutnya kami akan mengajarkan bahasa inggris
dengan metode yang baru sehingga anak murid tidak merasa bosan dalam belajar.
Jumlah
Peserta Didik :
35 orang ( 3 orang izin
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar