Laporan Kegiatan Belajar –
Mengajar di SDN 04 Pagi Kebon Jeruk, Dalam Penerapan Mata Kuliah Character
Building Bersama Teach For Indonesia ( TFI )
PERTEMUAN KE – 3 (
MINGGU KETIGA )
Nama
Dosen
: Jamson Siallagan, S.
Th., MA.,M. Th.
Kode
Dosen
: D5050
Kelas
: LB-62
Tanggal
: Kamis, 31 Maret 2016
Waktu
Mengajar : 11:00 - 12:15
Tempat : SDN KEBON JERUK 04 PAGI, JL. Salman, RT. 003/03,
Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11530
Tim Yang
Hadir :
- Mahesha Dennis - 1901483950
- Nur Iman Aprianto Nugroho - 1901495881
- Dina Juwono - 1901500282
Tim Yang Tidak Hadir :
- Fajar Nurachman – 1901503422 ( kesiangan )
- Aesha Marsha Nisha Zulfia – 1901493434 ( izin mengikuti
kegiatan jurusan Arsitektur )
- Amir Sholihin – 1901484442 ( izin mengikuti kegiatan jurusan Arsitektur )
Foto Team Yang Hadir :
Laporan:
Di Pertemuan ketiga,
kelompok kami pada hari, Kamis, tanggal, 31 Maret 2016
Kami mulai masuk ke
kelas pukul 11:00 sampai pukul 12:15. Saat kami mulai memasuki lingkungan
sekolah, anak – anak kelas 4C mulai meneriaki kami dari atas, mereka sangat
sangat antusias. Di pertemuan ke tiga ini, anak – anak sudah mulai lebih akrab
dengan kami, mereka sudah lebih berani untuk berbicara, dan menyapa kami lebih
dulu.
Kami memulai kegiatan
belajar mengajar, di awali dengan salam, dan berdoa, setelah itu, seperti
biasa, kami mengabsen nama mereka, satu persatu. Setelah itu, kami membagikan
soal pilihan ganda bahasa inggris kepada mereka, di pertemua sebelumnya di
minggu ke – 2, kami pun sudah memberika anak-anak soal bahasa inggris kepada mereka, dan di minggu
ini kami pun mencoba kembali untuk memberikan mereka soal bahasa bahasa inggris
kembali, karena kami ingin mencoba untuk mengasah kemampuan vocabulary mereka
lagi, dengan cara, memberikan soal pilihan ganda bahasa inggris mengenai
vocabulary kembali.
Setelah semua soal
terisi oleh anak – anak, dan terjawab, kami meminta untuk anak – anak murid,
mengumpulkan soal yang telah mereka isi, dan selesaikan, dan juga kami meminta
untuk mereka menuliskan jawaban mereka masing – masing ke depan, dan kami
memilih siapa kah yang boleh maju ke depan, dengan cara, anak – anak harus
menjawab pertanyaan yang kami berikan, dengan cepat, dan mengacungkan tangan
mereka, siapa yang paling cepat menjawab pertanyaan yang kami berikan, maka
dialah yang boleh maju kedepan terlebih dahulu. Semua anak sangat antusias
untuk ingin maju ke depan, dan ingin menjawab soal yang kami berikan, sehingga banyak
anak – anak yang mengacungkan tangan, tetapi kami tetap memilih anak yang
paling cepat, dan benar dalam menjawab soalnya, setelah semua pertanyaan
terjawab, dan anak – anak yang terpilih, sudah menuliskan semua jawabannya ke
papan tulis, dina mengajari anak – anak untuk memnyayikan lagu dalam bahasa
inggris, dan kami pun ikut bernyayi bersama – sama.
Nilai
Character Building yang di terapkan dalam kegiatan belajar – mengajar di SDN
KEBON JERUK 04 PAGI, adalah:
Penerapan
Nilai Pancasila, dan Norma – Norma
Nilai
Pancasila:
Sila
ke-1: kegiatan selalu dimulai, dan di akhiri dengan berdoa
Sila
ke-3: kekompakan anak – anak dan para volunteer dalam bernyayi bersama
Sila
ke-4: kami mencoba untuk memimpin anak – anak dalam kegiatan belajar men gajar,
dan membimbing mereka untuk selalu berperilaku baik.
Sila
ke-5: kami memperlakukan semua anak – anak murid dengan adil, dan memberi
mereka nilai dengan adil.
Norma
– Norma:
Menggunakan
kalimat yang sopan kepada yang lebih tua
Mememberi
salam kepada yang lebih tua
Merapihkan
seragam mereka, bila ada yang kurang rapih
Metode
pengajarr yang kelompok kami gunakan adalah metode : Classroom
Kelompok
kami menjelaskan di depan kelas dengan menggunakan komunikasi secara lisan, dan
menggunakan media papan tulis whiteboard, dan spidol
Kelebihan
: Semua anak dengan mudah bisa melihat ke depan kelas, dan dapat melihat gambar
kotak teka – teki silang yang kami buat
di papn tulis
Kekurangan
: Anak – anak murid yang duduk di bagian belakang kelas, masih kurang dapat
memperhatikan dengan serius, dan mendengarkan apa yang kami sampaikan dengan
baik, sehingga kami harus sedikit menaikan intonasi nada berbicara kami, agar
dapat terdengar jelas.
Evaluasi Internal:
Narasumber: Mahesha
Dennis - 1901483950
Survey internal (untuk
keseluruhan angota kelompok):
Disiplin Waktu :
Pada pertemuan ke – 3 ini,
kami memutuskan untuk bertemu, dan berkumpul di lokasi sekolah tempat kami
mengajar, di karenakan masing – masing dari kami sudah mengetahui ltempat
lokasi kami mengajar, kami memutuskan untuk bertemu dan tiba di sekolah pada
pukul 10:30.
Ide - ide yang
disampaikan:
Kami kembali
menyampaikan materi bahasa inggris mengenai kosa kata dalam bahasa inggris atau
vocabulary, anak – anak di minta untuk kembali mengisi, dan mengerjakan soal
pilihan ganda yang kami berikan, dan anak – anak di minta untuk menerjemahkan
gambar , dan memberi arti dari gambar tersebut, atau dari suatu kalimat, dan
menyusun sebuah huruf, sehingga menjadi suatu kata – kata yang benar.
Penerapan Di lapangan :
Murid - murid di SDN
KEBON JERUK 04 PAGI, dapat menerima metode pembelajaran yang diberika dengan
lancar, dan mereka sangat antusias untuk mau maju kedepan, dan murid – murid dapat
mengerjakan soal dengan tepat, dan cepat, karena di minggu kemarin, mereka
telah mengerjakan tipe soal yang sama, mereka telah terbiasa dalam mengerjakan
soal, sebagain besar anak murid sudah paham, dan mereka mendapatkan vocabulary
atau kosa kata baru dalam bahasa
inggris.
Inisiatif :
Di pertemuan ke-3, di
minggu ketiga ini, kami kembali menguji mereka dengan memberikan soal dengan
tipe yang sama seperti soal yang di berikan pada minggu ke-2, apakah ilmu yang
di sampaikan sebelumnya, amsih mereka pahami, dan ingat, atau tidak, dan juga
kami memberikan materi mengenai anggota tubuh, tempat tempat umum, dan bagian –
bagian ruangan di dalam rumah dalam
bahasa inggris.
Sikap :
Di hari pertama kami
mengajar, kami tetap selalu menggunakan pakaian formal yang rapih, dan juga
mengunakan jas almamater BINUS uiversity, kami selalu memberi salam, dan
bersalaman kepada wali kelas, dan meminta izin apabila kami ingin menyampaikan
sesuatu materi, dan juga kami pun bertanya kepada wali kelas, tentang materi
apasaja yang telah di ajarkan di kelas, dan juga kami menggunakan bahasa yang
sopan dan lemah lembut terhadap anak - anak murid, dan juga karena anak - anak sudah
mulai lebih mengenal, dan akrab dengan kami, anak – anak menjadi lebih susah di
atur, mereka berteriak – teriak, dan lebih mencari perhatian terhadap anggota
kami, kami menyikapinya dengan sabar, dan tenang, karena menghadapi anak – anak
di bawah umur, tidak dapat dengan perilaku keras.
Hasil Kegiatan:
anak - anak murid kelas
"4C", kembai mendapatkan pengetahuan mengenai vocabulary, atau kosa
kata dalam bahasa inggris yang baru, mengenai anggota – anggota tubuh, tempat –
tempat umum, ruangan – ruangan di rumah, dan angka – angka baru dalam bahasa
inggris, dan kemampuan anak – anak dalam menjawab soal mengenai vocabulary
mengalami sedikit peningkatan, di banding minggu ke – 2
Kesimpulan :
mengajarkan anak - anak
mengenai sopan santu terhadap orang yang lebih tua sangat lah penting, karena
hal itu dapat menumbuhkan character – character yang baik terhadap diri anak –
anak masing – masing itu sendiri, dan juga melatih anak – anak dengan cara
memberika soal – soal kepada anak sesekali, dapat mengasah otak mereka, sehingga
kemampuan berpikir anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik
Next to do :
Kami akan lebih bersikap
agak tegas, jika ada anak murid yang tidak memperhatikan, dan bercanda, dan
selanjutnya kami mungkin akan memberikan materi – materi yang dapat menghibur
mereka, seperti games, agar anak – anak tidak terlalu tegang, karena di dua
pertemuan di minggu yang lalu, kami memberika soal – soal kepada anak – anak berturut
– turut.
Jumlah Peserta Didik :
35 orang ( 1 orang sakit,
2 orang tidak ada keterangan )

Tidak ada komentar:
Posting Komentar