Senin, 04 April 2016

Laporan Kegiatan Belajar – Mengajar di SDN 04 Pagi Kebon Jeruk, Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia ( TFI )




PERTEMUAN KE – 3 ( MINGGU KETIGA )

Nama Dosen                : Jamson Siallagan, S. Th., MA.,M. Th.

Kode Dosen                 : D5050

Kelas                            : LB-62

Tanggal                        : Kamis, 31 Maret 2016

Waktu Mengajar        : 11:00 - 12:15

Tempat                        : SDN KEBON JERUK 04 PAGI, JL. Salman, RT. 003/03, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11530

Tim Yang Hadir         :
  • Mahesha Dennis - 1901483950
  • Nur Iman Aprianto Nugroho - 1901495881
  • Dina Juwono - 1901500282
Tim Yang Tidak Hadir :
  • Fajar Nurachman – 1901503422 ( kesiangan )
  • Aesha Marsha Nisha Zulfia – 1901493434 ( izin mengikuti kegiatan jurusan Arsitektur )
  • Amir Sholihin – 1901484442 ( izin mengikuti kegiatan jurusan  Arsitektur )
Foto Team Yang Hadir :




Laporan:

Di Pertemuan ketiga, kelompok kami pada hari, Kamis, tanggal, 31 Maret 2016
Kami mulai masuk ke kelas pukul 11:00 sampai pukul 12:15. Saat kami mulai memasuki lingkungan sekolah, anak – anak kelas 4C mulai meneriaki kami dari atas, mereka sangat sangat antusias. Di pertemuan ke tiga ini, anak – anak sudah mulai lebih akrab dengan kami, mereka sudah lebih berani untuk berbicara, dan menyapa kami lebih dulu.

Kami memulai kegiatan belajar mengajar, di awali dengan salam, dan berdoa, setelah itu, seperti biasa, kami mengabsen nama mereka, satu persatu. Setelah itu, kami membagikan soal pilihan ganda bahasa inggris kepada mereka, di pertemua sebelumnya di minggu ke – 2, kami pun sudah memberika anak-anak soal  bahasa inggris kepada mereka, dan di minggu ini kami pun mencoba kembali untuk memberikan mereka soal bahasa bahasa inggris kembali, karena kami ingin mencoba untuk mengasah kemampuan vocabulary mereka lagi, dengan cara, memberikan soal pilihan ganda bahasa inggris mengenai vocabulary kembali.

Setelah semua soal terisi oleh anak – anak, dan terjawab, kami meminta untuk anak – anak murid, mengumpulkan soal yang telah mereka isi, dan selesaikan, dan juga kami meminta untuk mereka menuliskan jawaban mereka masing – masing ke depan, dan kami memilih siapa kah yang boleh maju ke depan, dengan cara, anak – anak harus menjawab pertanyaan yang kami berikan, dengan cepat, dan mengacungkan tangan mereka, siapa yang paling cepat menjawab pertanyaan yang kami berikan, maka dialah yang boleh maju kedepan terlebih dahulu. Semua anak sangat antusias untuk ingin maju ke depan, dan ingin menjawab soal yang kami berikan, sehingga banyak anak – anak yang mengacungkan tangan, tetapi kami tetap memilih anak yang paling cepat, dan benar dalam menjawab soalnya, setelah semua pertanyaan terjawab, dan anak – anak yang terpilih, sudah menuliskan semua jawabannya ke papan tulis, dina mengajari anak – anak untuk memnyayikan lagu dalam bahasa inggris, dan kami pun ikut bernyayi bersama – sama.

Nilai Character Building yang di terapkan dalam kegiatan belajar – mengajar di SDN KEBON JERUK 04 PAGI, adalah:
Penerapan Nilai Pancasila, dan Norma – Norma
Nilai Pancasila:
Sila ke-1: kegiatan selalu dimulai, dan di akhiri dengan berdoa
Sila ke-3: kekompakan anak – anak dan para volunteer dalam bernyayi bersama
Sila ke-4: kami mencoba untuk memimpin anak – anak dalam kegiatan belajar men gajar, dan membimbing mereka untuk selalu berperilaku baik.
Sila ke-5: kami memperlakukan semua anak – anak murid dengan adil, dan memberi mereka nilai dengan adil.
Norma – Norma:
Menggunakan kalimat yang sopan kepada yang lebih tua
Mememberi salam kepada yang lebih tua
Merapihkan seragam mereka, bila ada yang kurang rapih

Metode pengajarr yang kelompok kami gunakan adalah metode : Classroom
Kelompok kami menjelaskan di depan kelas dengan menggunakan komunikasi secara lisan, dan menggunakan media papan tulis whiteboard, dan spidol
Kelebihan : Semua anak dengan mudah bisa melihat ke depan kelas, dan dapat melihat gambar kotak  teka – teki silang yang kami buat di papn tulis
Kekurangan : Anak – anak murid yang duduk di bagian belakang kelas, masih kurang dapat memperhatikan dengan serius, dan mendengarkan apa yang kami sampaikan dengan baik, sehingga kami harus sedikit menaikan intonasi nada berbicara kami, agar dapat terdengar jelas.

Evaluasi Eksternal :




Evaluasi Internal:
Narasumber: Mahesha Dennis - 1901483950
Survey internal (untuk keseluruhan angota kelompok):

Disiplin Waktu :
Pada pertemuan ke – 3 ini, kami memutuskan untuk bertemu, dan berkumpul di lokasi sekolah tempat kami mengajar, di karenakan masing – masing dari kami sudah mengetahui ltempat lokasi kami mengajar, kami memutuskan untuk bertemu dan tiba di sekolah pada pukul 10:30.

Ide - ide yang disampaikan: 
Kami kembali menyampaikan materi bahasa inggris mengenai kosa kata dalam bahasa inggris atau vocabulary, anak – anak di minta untuk kembali mengisi, dan mengerjakan soal pilihan ganda yang kami berikan, dan anak – anak di minta untuk menerjemahkan gambar , dan memberi arti dari gambar tersebut, atau dari suatu kalimat, dan menyusun sebuah huruf, sehingga menjadi suatu kata – kata yang benar.

Penerapan Di lapangan :
Murid - murid di SDN KEBON JERUK 04 PAGI, dapat menerima metode pembelajaran yang diberika dengan lancar, dan mereka sangat antusias untuk mau maju kedepan, dan murid – murid dapat mengerjakan soal dengan tepat, dan cepat, karena di minggu kemarin, mereka telah mengerjakan tipe soal yang sama, mereka telah terbiasa dalam mengerjakan soal, sebagain besar anak murid sudah paham, dan mereka mendapatkan vocabulary atau kosa kata  baru dalam bahasa inggris.

Inisiatif :
Di pertemuan ke-3, di minggu ketiga ini, kami kembali menguji mereka dengan memberikan soal dengan tipe yang sama seperti soal yang di berikan pada minggu ke-2, apakah ilmu yang di sampaikan sebelumnya, amsih mereka pahami, dan ingat, atau tidak, dan juga kami memberikan materi mengenai anggota tubuh, tempat tempat umum, dan bagian – bagian  ruangan di dalam rumah dalam bahasa inggris.

Sikap :
Di hari pertama kami mengajar, kami tetap selalu menggunakan pakaian formal yang rapih, dan juga mengunakan jas almamater BINUS uiversity, kami selalu memberi salam, dan bersalaman kepada wali kelas, dan meminta izin apabila kami ingin menyampaikan sesuatu materi, dan juga kami pun bertanya kepada wali kelas, tentang materi apasaja yang telah di ajarkan di kelas, dan juga kami menggunakan bahasa yang sopan dan lemah lembut terhadap anak - anak murid, dan juga karena anak - anak sudah mulai lebih mengenal, dan akrab dengan kami, anak – anak menjadi lebih susah di atur, mereka berteriak – teriak, dan lebih mencari perhatian terhadap anggota kami, kami menyikapinya dengan sabar, dan tenang, karena menghadapi anak – anak di bawah umur, tidak dapat dengan perilaku keras.

Hasil Kegiatan:
anak - anak murid kelas "4C", kembai mendapatkan pengetahuan mengenai vocabulary, atau kosa kata dalam bahasa inggris yang baru, mengenai anggota – anggota tubuh, tempat – tempat umum, ruangan – ruangan di rumah, dan angka – angka baru dalam bahasa inggris, dan kemampuan anak – anak dalam menjawab soal mengenai vocabulary mengalami sedikit peningkatan, di banding minggu ke – 2




Kesimpulan : 
mengajarkan anak - anak mengenai sopan santu terhadap orang yang lebih tua sangat lah penting, karena hal itu dapat menumbuhkan character – character yang baik terhadap diri anak – anak masing – masing itu sendiri, dan juga melatih anak – anak dengan cara memberika soal – soal kepada anak sesekali, dapat mengasah otak mereka, sehingga kemampuan berpikir anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik

Next to do :
Kami akan lebih bersikap agak tegas, jika ada anak murid yang tidak memperhatikan, dan bercanda, dan selanjutnya kami mungkin akan memberikan materi – materi yang dapat menghibur mereka, seperti games, agar anak – anak tidak terlalu tegang, karena di dua pertemuan di minggu yang lalu, kami memberika soal – soal kepada anak – anak berturut – turut.

Jumlah Peserta Didik :

35 orang ( 1 orang sakit, 2 orang tidak ada keterangan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar