Sabtu, 16 April 2016

Laporan Kegiatan Belajar – Mengajar di SDN 04 Pagi Kebon Jeruk, Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia ( TFI )



PERTEMUAN KE - 5 ( MINGGU KELIMA )

Nama Dosen                : Jamson Siallagan, S. Th., MA.,M. Th.

Kode Dosen                 : D5050

Kelas                            : LB-62

Tanggal                        : Kamis, 14 April  2016

Waktu Mengajar        : 11:00 - 12:15

Tempat                        : SDN KEBON JERUK 04 PAGI, JL. Salman, RT. 003/03, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11530

Tim Yang Hadir         :
  • Mahesha Dennis - 1901483950
  • Aesha Marsha Nisha Zulfia - 1901493434
  • Dina Juwono – 1901500282
  • Fajar Nurachman – 1901503422
  • Amir Sholihin – 1901484442
Tim Yang Tidak Hadir :
  • Nur Iman Aprianto Nugroho - 1901495881 (tidak ada keterangan)
Foto Team Yang Hadir :






Laporan:

Di Pertemuan ke lima ini, kelompok kami pada hari, Kamis, tanggal, 14 April 2016, kembali mengajar di SDN 04 PAGI KEBON JERUK, JAKARTA BARAT. Seperti biasa Kami mulai masuk ke kelas pukul 11:00 sampai dengan  pukul 12:15. Kali ini kami memutuskan, untuk berkumpul kembali di lokasi sekolah tempat kelompok kami. Kami memutuskan untuk tiba paling lambat, pukul 10;30 sudah berada di lokasi sekolah tempat team kami mengajar. Seperti  biasa, ketika kami sampai di depan kelas 4C, tempat anggota kami mengajar, anak – anak sudah antusias, dan mereka keluar dan member salam kepada kami, dan juga kami pun member salam kepada wali kelas mereka.

Setelah jam menunjukan pukul 11:00, kami pun memulai kegiatan belajar mengajar kami, kami memulai kegiatan belajar mengajar dengan membaca doa, dan seperti biasa, kami meminta qonita, yaitu ketua kelas dari kelas tersebut, untuk menyiapkan teman – temannya, sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai.
Di pertemuan ke lima ini, kami kembali memberikan materi mengenai speaking dalam bahasa inggris, kali ini materi speaking berasal dari kami sendiri, karena, di pertemuan ke empat sebelumnya, kami sudah  emberikan materi mengenai speaking, tetapi, materi pada pertemuan ke empat tersebut, berasal dari buku paket bahasa inggris mereka, kali ini materi percakan dalam bahasa inggris, berasal dari kelompok kami sendiri.

Kami kembali memilih materi speaking ini, karena kami ingin menguji anak – anak kembali, apakan mereka sudah benar – benar mengerti mengenai percakapan dalam bahasa inggris. Sebelum kami mnguji mereka kembali, kami menuliskan percaapan bahasa inggrisnya terlebih dahulu di depan papan tulis, dan setelah kami menuliskan percakapannya di papan tulis, kai meminta anak – anak untuk mencatatanya dahulu di kertas selembar, setelah itu,sebelum anak – anak mempraktekan percakapan dalam bahasa inggris, kami kembali mencontohkan bagaimana cara pengucapan, intonasi, dan gerak tubuh di  percakapan bahasa inggris tersebut, di depan kelas.

Setelah semua anak – anak murid selesai mencatata percakapan yang kami tulis di depan, kmai kembali membagi anggota kami menjadi 4 kelompok, dan ke empat anggota dari team kami, me mementori masing masing barisan tempat duduk di kelas tersebut. Kami meinta anak  - anak untuk berlatih terlebih dahulu dengan teman sebelahnya, setelah mereka sudah berlatih, dan sudah siap, para mentor tadi, menguji anak – anak sesuai dengan barisan meja mereka masing – masing. Dan para mentor pun menyiapkan ksecarik kertas, untuk mencatat perolehan nilai yang mereka dapatkan. Menurut para anggota kami yang menjadi mentor di masing barisan bangku – bangku di kelas, kemampuan anak – anak dalam mengucapkan kata – perkata dalam bahasa inggris meningkat, mereka sudah lebih biasa, dan hafal menyebutakan bunyi kata perkata dengan benar, dan jelas, dan di bandingkan dengan minggu ke – empat kemarin, di minggu ke – lima ini, kemampuan anak – anak dalam berbicara dalam bahasa inggris, lebih mengingkat. Dan nilai mereka pun mengalami peningkatan.

Setelah jam menunjukan pukul 12:15, bel pulang pun berbunyi, kami pun menutup kegiatan belajar – mengajar untuk hari ini, kali ini, kegiatan belajar – mengajar di lakukan sampai bel pulang berbunyi, dinkarenakan kami ingin focus untuk menguji kemampuan speaking mereka dalam bahasa inggris. Kami mengakhiri kegiatan belajar – mengajar  dengan menyiapkan anak – anak agar merapihkan alat tulis, dan kursi mejanya, dan sebelum pulang, seperti biasanya, kami memimpin anak – anak untuk membaca doa terlebih dahulu, agar semuanya pulang dengan selamat, dan ilmu yang di berikan dapat di ingat oleh mereka, setelah itu, kelas untuk hari ini pun kami akhiri, dan seperti biasa, kami membantu anak – anak yang kedapatan jadwal piket, untuk melaksanakan piketnya.

Nilai Character Building yang di terapkan dalam kegiatan belajar – mengajar di SDN KEBON JERUK 04 PAGI, adalah:
Penerapan Nilai Pancasila, dan Norma – Norma
Nilai Pancasila:
Sila ke-1: kegiatan selalu dimulai, dan di akhiri dengan berdoa
Sila ke-3: kekompakan, dan kerjasama anak – anak dalam memecahkan soal teka – teki silang bersama
Sila ke-5: kami memperlakukan semua anak – anak murid dengan adil, dan memberi mereka nilai dengan adil.
Norma – Norma:
Memberi salam
Menggunakan kalimat yang sopan terhadap orang yang lebih tua

Metode pengajar yang kelompok kami gunakan adalah metode : Classroom, dan mentoring
Kelompok kami menjelaskan di depan kelas dengan menggunakan media papan tulis, dan spidol, dan kami berkomunikasi secara lisan di depan kelas, dan kami menerapkan metode pengajaran dengan cara mentoring, dengan cara  membagi beberappa anggota  team untuk menjadi mentor di setiap barisan tempat duduk, untuk memberikan pengetahuan mengenai speaking dalam bahasa inggris, dan untuk menguji masing- masing  anak murid, yang ada di barisannya.
Kelebihan : Semua anak dengan mudah bisa melihat ke depan kelas, dan ketika kami menggunakan metode mentoring, anak – anak jadi lebih teratur, dan mereka dapat lebih focus, dan lebih terkendali, dalam kegiatan belajar mengajar.
Kekurangan : di minggu ke lima ini, anak – anak sudah lebih mengerti, bahwa ketika kami menerangkan sesuatu di depan, mereka harus memperhatikannya, karena mereka sudah lebih mengerti akan hal itu, jadi, semua perhatian anak – anak hanya tertuju pada anggota kami.

Ealvasi Eksternal :




Evaluasi Internal:

Narasumber:  Amir Sholihin – 1901484442

Survey internal (untuk keseluruhan angota kelompok):

Disiplin Waktu :
Tim berkumpu pada pukul 10;30 pagi, kami sepakat untuk bertemu di lokasi SDN KEBON JERUK 04 PAGI tempat kami akan mengajar, kami memutuskan untuk dating, paling lambat pukul 10:30 sudah harus berada di lokasi kami mengajar.

Ide - ide yang disampaikan: 
Kami menyampaikan materi mengenai speaking dalam bahasa inggris, anggota kami kembali mempraktekan percakapan kembali di depan kelas, bagaimana caranaya mengucapkan kata – kata, bagaimana menggunakan nada yang sesuai, bagaimana cara menggunakan gerakan dalam percakapan tersebut.

Penerapan Di lapangan :
Anak – anak di kelas 4C, dapat menerima materi dengan baik,, dan kami pun merasa, mereka sudah mulai lebih lancer di banding pertemuan ke empat kemarin, jika di terangkan materi – materi mereka sudah lebih fokus, dan kemampuan berbicara mereka dalam bahasa inggris pun mulai ada peningkatan yang lebih, di bandingkan dengan kemampuan speaking mereka pasa saat di pertemuan ke empat kemarin.

Inisiatif :
Sebelum kami menguji kemampuan mereka, kami pun kembali terlebih dahulu memberikan contoh kepada mereka, dengan melakukan adegan percakapan dalam bahasa inggris di depan kelas, kami pun mempraktekannya dengan sedikit berakting, dengan intonasi suara yang kadang – kadang kami buat lucu, sehingga anak – anak merasa terhibur.

Sikap :
Di pertemuan ke empat ini, kami tetap untuk berusaha untuk datang tepat waktu, walaupun salah satu anggota kami masih tetap ada yang tidak hadir, kami tetap mencoba untuk memberikan peringatan, karena jika anggota kami tidak lengjkap, kami merasa malu terhadap wali kelas. Pada saat kami mengajar, kami menggunakan pakaian yang sopan, dan menggunakan jaket almamater, kami selalu memberi salam, dan bersalaman kepada wali kelas, dan meminta izin apabila kami ingin menyampaikan sesuatu materi, dan juga kami pun bertanya kepada wali kelas, tentang materi apa saja yang telah di ajarkan di kelas, dan juga kami menggunakan bahasa yang sopan dan lemah lembut terhadap anak - anak murid.

Hasil Kegiatan:
anak - anak murid kelas "4C" sudah paham tentang, speaking dalam bahasa inggris, walaupun beberapa anak masih ada yang  terbata – bata, tetapi sebisa mungkin, anggota mengajari mereka bagaimana cara pengucapan, penggunaan nada, dan gerakan dalam berinteraksi dengan menggunakan bahasa inggris. Tetapi, sebagian besar anak – anak sudah bisa, dan mengerti  dalam berinteraksi dengan menggunakan bahasa inggris.

Kesimpulan : 
Mengajarkan anak – anak tentang berbicara, dan berinteraksi dalam berbahasa inggris memang tidak mudah, banyak hal – hal yang harus di perhatika, seperti cara membaca kalimat tersebut, nada suara, dan gerakan, sehinggga, membutuhkan waktu untuk, anak – anak dapat mengerti mengenai bagaimana berinteraksi dengan menggunakan bahasa inggris.

Next to do :
Di minggu minggu terakhir nanti, mungkin kami akan bermain games, dan memberikan anak – anak hadiah.

Jumlah Peserta Didik :

36 orang (1 orang sakit & 1 orang tidak ada keterangan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar